Jumat, 02 November 2012

Housekeeping



 Bali Property!



 House artinya adalah rumah,gedungn sedangkan keeping artinya adalahmenjaga dan merwat dan
 Oleh sebab itu Housekeeping di sebut juga Tata Graha.Housekeeping (tata graha) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengantujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secarakeseluruhan bertanggng jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitashotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebeb itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharan, perawatan dan kebersihan hotel secaramenyeluruh dapat terjaga dengan baik.Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public area, restaurant, meeting room, laundry, saranaolahraga dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari team yang selalu siapmempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel. Karyawan housekeepingsangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detaildan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan

 

Bagian yang bertugas memelihara kebersihan, kerapian, kelengkapan kamar-kamar tamu, restorant, bar dan tempat-tempat umum dalam hotel, termasuk tempat-tempat untuk karyawan, kecuali tempat yang menjadi tanggung jawab steward. Misalnya kitchen area, dishwashing area, garbage area. Adapun House Keeping dibagi menjadi beberapa seksi antara lain:
a. Room Section :  bagian kamar-kamar. Room section disebut Floor/Area Section.
b. Houseman       : bagian yang membersihkan public space and all area dan penataan ruangan event.
c. Linen & Uniform : bagian yang menangani linen-linen yang digunakan di kamar-kamar tamu maupunfasilitas yang ada di food & beverage serta mengurus pakaian seragam dari seluruh pegawai hotel.
d. Gardener :  bagian yang menangani taman dan kebun
e. Pool Section :  bagian yang menangani kolam renang
f. Incinerator Section :  bagian pengelolaan pembakaran sampah
g. Upholstery Section :  bagian reparasi mebel, karpet

Tidak ada komentar: